Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik


BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
            Fisik manusia adalah penampakan di permukaan : jangkung, pendek, berkulit sawo matang, berambut ikal, bermuka lonjong, berhidung mancung, berbadan tegap, bermata sipit, beralis  tebal, dan sebagainya. Dari sisi energy yang dikeluarkan, fisik manusia merupakan sosok yang paling taat menerima perintah dari otak, baik berupa “ kata hati “, bahkan yang bersifat refleks.
Sebagai manusia biasa, peserta didik itu beragam, baik secara fisik, nurani, maupun penalarannya.Kemampuan mereka berkembang pun untuk ketiga aspek itu beragam adanya.Keragaman itu haus dipandang sebagai lumrah dan layanan pendidikan untuk melakukan penguatan.Peserta didik yang “kurang bernurani” (pengganggu, sering bolos, culas, pembobong, tidak jujur, tidak ada perhatian, dan lain-lain) menginspirasi layanan pendidikan agar mereka kembali ke koridor pribadi sejati dan memupuknya menuju kesejatian sebagai manusia.

1.2 Perumusan Masalah
1.2.1        Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik
A.  Tridimensi Peserta Didik
B.  Dimensi Sosial Peserta Didik
C.  Dimensi Spiritual dan Intelektual Peserta Didik
D.  Asumsi-asumsi dan Perkembangan Peserta Didik

1.2.2        Multidimensi Perkembangan Peserta Didik
A.  Energi dan Kreatifitas Peserta Didik
B.  Lima dimensi Perkembangan Peserta Didik
C.  Anatomi perkembangan Peserta Didik
D.  Perkembangan Fisik Peserta Didik
E.   Kapasitas Otak Peserta Didik

1.3         Tujuan Penulisan Makalah
Adapun tujuan dalam penyusunan makalah ini yaitu:
1.     Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah perkembangan peserta didik.
2.     Untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teori perkembangan peserta didik.

3.      Agar mahasiswa/i dapat mengaplikasikannya.


Download makalah Makalah Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik.docx
Previous
Next Post »