Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Fisik
manusia adalah penampakan di permukaan : jangkung, pendek, berkulit sawo
matang, berambut ikal, bermuka lonjong, berhidung mancung, berbadan tegap,
bermata sipit, beralis tebal, dan sebagainya. Dari sisi energy yang
dikeluarkan, fisik manusia merupakan sosok yang paling taat menerima perintah
dari otak, baik berupa “ kata hati “, bahkan yang bersifat refleks.
Sebagai
manusia biasa, peserta didik itu beragam, baik secara fisik, nurani, maupun
penalarannya.Kemampuan mereka berkembang pun untuk ketiga aspek itu beragam
adanya.Keragaman itu haus dipandang sebagai lumrah dan layanan pendidikan untuk
melakukan penguatan.Peserta didik yang “kurang bernurani” (pengganggu, sering
bolos, culas, pembobong, tidak jujur, tidak ada perhatian, dan lain-lain)
menginspirasi layanan pendidikan agar mereka kembali ke koridor pribadi sejati
dan memupuknya menuju kesejatian sebagai manusia.
1.2 Perumusan Masalah
1.2.1 Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik
A. Tridimensi Peserta Didik
B. Dimensi Sosial Peserta Didik
C. Dimensi Spiritual dan Intelektual Peserta Didik
D. Asumsi-asumsi dan Perkembangan Peserta Didik
1.2.2 Multidimensi Perkembangan Peserta Didik
A. Energi dan Kreatifitas Peserta Didik
B. Lima dimensi Perkembangan Peserta Didik
C. Anatomi perkembangan Peserta Didik
D. Perkembangan Fisik Peserta Didik
E. Kapasitas Otak Peserta Didik
1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Adapun
tujuan dalam penyusunan makalah ini yaitu:
1. Untuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah perkembangan peserta didik.
2. Untuk menambah wawasan
dan pengetahuan mengenai teori perkembangan peserta didik.
3. Agar mahasiswa/i dapat
mengaplikasikannya.
Download makalah Makalah Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik.docx
Download makalah Makalah Asumsi dan Dimensi Perkembangan Peserta Didik.docx
Komentar
Posting Komentar